Syarat Penerbangan ke Bali Lengkap dengan Rincian Biaya

Agar perjalanan Anda menyenangkan, penuhilah syarat penerbangan ke Bali berikut ini, ditulis berdasar catatan perjalanan pada November 2021.

Gerbang masuk ke Pantai Kuta, tepat bersebelahan dengan hotel Grand Inna tempat saya bermalam.

Hari Senin (15/11/’21) pagi pukul 07.00 saya bertolak dari Jakarta ke Bali menaiki pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 402. Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus saya penuhi sebagai konsumen jasa penerbangan.

Sertifikat Vaksin dan Hasil Negatif Tes COVID-19

Pertama, sertifikat vaksin I dan II, disertai hasil negatif tes PCR (berlaku H-2 penerbangan) atau Antigen (berlaku H-1 penerbangan).

Setelah melakukan tes pada H-2 atau H-1, pastikan hasilnya dikirim oleh petugas laboratorium kedalam akun Anda yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, kelengkapan dokumen tersebut dapat dilihat atau diunduh secara daring, tanpa perlu dicetak. Biaya yang diperlukan untuk melakukan tes Antigen adalah Rp. 85.000.

Sebagai catatan, jika Anda sudah melakukan vaksin I dan II, namun dokumen sertifikat vaksin tidak muncul pada aplikasi PeduliLindungi. Laporkan secara resmi melalui situsweb lapor.go.id.

Walau pun pengajuannya dilakukan secara daring, namun proses disposisi dan tindak lanjut oleh instansi terkait terhadap laporan ini tetap membutuhkan waktu. Anda perlu memeriksa kelengkapan dokumen vaksinasi jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Validasi Dokumen Kesehatan

Setelah menempuh perjalanan selama enam puluh menit dari Bogor dengan menggunakan bus, akhirnya saya tiba di terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) pukul 04.00. Harga tiket bus Rp. 120.000.

Kedua, sebelum masuk kedalam ruang tunggu di terminal keberangkatan domestik, setiap pengguna jasa penerbangan pagi itu diwajibkan melakukan validasi dokumen kesehatan (hasil negatif tes PCR/Antigen).

Ada dua cara validasi, yaitu pemeriksaan dokumen cetak secara manual oleh petugas kesehatan. Atau validasi mandiri menggunakan perangkat komputer yang disediakan di pintu masuk.

Cara kedua cukup mudah, sebab yang perlu Anda lakukan hanya meng-input Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada layar touch-screen.

syarat penerbangan ke bali
Syarat penerbangan ke Bali: Foto hasil validasi yang tampil pada layar, untuk ditunjukkan kepada petugas Bandara.

Scan QR-code Kemana pun Anda Pergi

Siapkan dan pastikan perangkat smartphone Anda telah ter-insall aplikasi PeduliLindungi.

Karena hampir disetiap tempat di Bali, seperti hotel, pusat perbelanjaan, pertokoan, restoran, dan selainnya, mewajibkan para pengunjung untuk melakukan check-in dengan fitur scan QR-code melalui aplikasi tersebut. Termasuk ketika akan keluar dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Harga aplikasi PeduliLindungi adalah Rp. 0, alias gratis.

Key Takeaways

Anda wajib memenuhi syarat dokumen kesehatan untuk melakukan penerbangan ke Bali. Terdiri dari sertifikat vaksin I dan II, hasil negatif tes PCR atau Antigen. Selain itu, Anda harus meng-install dan melakukan registrasi akun pada aplikasi PeduliLindungi.

Demikianlah ulasan singkat tentang syarat penerbangan ke Bali yang disusun berdasar pengalaman empiris. Semoga bermanfaat. Sehat selalu. Gas Roads!

Konten Terkait