Syarat Dinas Luar Kota Lengkap Beserta Contoh Real

syarat dinas luar kiota

Untuk melaksanakan tugas dinas luar kota, Roaders harus mempersiapkan dokumen dan perlengkapan pribadi.

Dokumen dimaksud seperti: Surat Perintah Tugas (SPT), SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas), KTP, Kartu ID Pegawai, tiket pesawat, dan surat hasil swab antigen yang menyatakan bahwa Anda negatif covid-19.

Ada pun perlengkapan pribadi dan kategori lainnya seperti: stok masker kesehatan, hand sanitizer, disinfectant spryer, pakaian ganti, kantong untuk pakaian kotor, handphone berkamera, deodorant untuk mengatasi bau ketiak, parfum, dan salep atau krim anti gatal. Untuk krim anti gatal, rekomendasi Kami adalah merek Diprosone (Betamethasone dipropionate). Mengenai jumlah stok masker kesehatan, disesuaikan dengan durasi berdinas Anda di luar kota, dengan ketentuan satu masker untuk satu hari pemakaian.

Simpanlah kwitansi pembayaran tes antigen, boarding pass pesawat, pembayaran akomodasi hotel, biaya sewa kendaraan, serta bukti pengeluaran lainnya untuk keperluan laporan pertanggungjawaban biaya perjalanan dinas luar kota Anda.

Secara empiris dalam perjalanan dinas Kami menuju Kabupaten Malang, pada H-1 dimulai dengan mempersiapkan SPT dan SPPD, kemudian pada sore harinya Kami melakukan pemeriksaan Antigen Rapid Test SARS-CoV-2 di Labklinik Kimia Farma Bogor Juanda. Biaya yang dikeluarkan sebesar 200.000 rupiah. Hasil pemeriksaan laboratorium dapat ditunggu 60 menit kemudian. Sebagai catatan, jam layanan tes kesehatan di tempat ini berakhir pada pukul 19.30 WIB.

Pada hari H, setibanya di Terminal 3 bandar udara Soekarno Hatta (CGK), Banten. Lembaran hasil pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan verifikasi oleh petugas bandara sebelum Anda masuk ke ruang tunggu keberangkatan.

Baca Juga: Adab Perjalanan (Safar) dan Bepergian Sesuai Sunnah yang Shahih

Pada H+1 setelah serangkaian tugas dari kantor pusat dilaksanakan, kami melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen Covid di RSU Karsa Husada, kota Batu, Malang. Sebagai bekal syarat perjalanan kembali ke Jakarta. Biaya yang dikeluarkan sebesar 250.000 rupiah. Untuk memperoleh hasil tes lab, kami menunggu kurang lebih selama 20 menit.

Selanjutnya pada H+2 kepulangan Kami dari bandar udara Abdul Rachman Saleh (MLG) di Malang menuju CGK. Hal serupa dilakukan oleh otoritas bandara, yakni pemeriksaan hasil tes lab sebelum masuk ke ruang tunggu keberangkatan.

Selain itu, pada setiap kedatangan di bandar udara (MLG dan CGK), Kami diwajibkan untuk mengisi form eHAC Indonesia melalui aplikasi di perangkat smartphone sebelum keluar dan meninggalkan area bandar udara.

Sepulang dari perjalanan dinas luar kota, hendaklah segera menyusun laporan perjalanan disertai dengan foto-foto kegiatan yang sebelumnya telah diambil menggunakan smartphone berkamera yang Anda miliki.

Demikian artikel tentang syarat dinas luar kota yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat, terimakasih. Barakallaahu Fiikum.

Affan

Penulis: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. (Analis Kerja Sama Luar Negeri - Kementerian LHK, Jakarta Pusat) – Tim developer website Minamata Convention PBB 2021 | Lihat semua artikel Affan | Instagram | YouTube | Website | Disclaimer

One thought on “Syarat Dinas Luar Kota Lengkap Beserta Contoh Real

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *