Mikroplastik Adalah Plastik Kurang Dari 5 mm

Mikroplastik adalah (microplastic atau plastik mikro) plastik berukuran kurang dari 5 milimeter yang mencemari lautan.

Menurut studi baru, mikroplastik juga menjadi sumber polusi udara.

Riset para peneliti di Weizmann Institute of Science di Israel mengungkapkan mikroplastik ini tersapu ke atmosfer dan terbawa angin ke berbagai tempat. Baik di bagian samudera/lautan lain atau pun ke darat.

Analisis mengungkapkan bahwa fragmen plastik yang sangat kecil dapat tetap berada di udara selama berjam-jam atau berhari-hari.

Hal ini berpotensi merusak lingkungan laut, masuk dalam rantai makanan, dan memengaruhi kesehatan manusia.

Sumber mikro-plastik ini kemungkinan besar adalah kantong plastik dan sampah plastik lainnya yang telah dibuang di dekat pantai dan masuk ke laut sejauh ratusan kilometer.

Dalam situs kampus tersebut, 23 Desember 2020, disebutkan jenis-jenis plastik yang ditemukan di udara itu digunakan dalam keseharian manusia seperti polistirena (polystyrene), polietilena (polyethylene), dan polipropilena (polypropylene).

Selain itu, mikroplastik juga dapat ditemukan pada sikat gigi yang mengalami pelapukan dikarenakan intensitas pemakaian. Oleh kerena itu Anda perlu teliti, jika bulu-bulu plastik pada sikat gigi sudah tidak rapih, tidak lengkap, itu artinya Anda perlu segera mengganti dengan yang baru.

Sumber: Harian Kompas. Sabtu, 26 Desember 2020 – dengan tambahan.

Konten Terkait