PANIK: Ternyata Lebih Murah Beli Laptop Secara Online Dibanding Langsung Di Toko

Roaders! Ini adalah artikel pertama Kami yang disusun (diketik) menggunakan ASUS ZenBook Duo. Sebuah laptop layar ganda, cocok bagi Anda yang sering multi tasking, alias gonta-ganti aplikasi (switching between apps), yang biasanya dilakukan dengan menekan [Alt] + [Tab] pada keyboard.

Pengalaman ini jelas bisa dibilang bikin panik Roaders! Betapa tidak, petang ini (Jum’at 23 April 2021), Kami membeli laptop ASUS ZenBook Duo UX482E dengan processor i5 generasi sebelas, seharga Rp. 21.999.000 di salah satu pusat perbelanjaan mentereng di Jakarta Barat, Mall Taman Anggrek.

Ini semata-mata karena gak berani beli barang segitu mahalnya secara online. Takut salah spesifikasi lah, takut ini dan itu. Terlebih setelah mendengar komentar teman yang mengatakan bahwa “Jangan beli online di situs web itu, mahal bro!”

Setiba di kantor, Kami mencoba untuk browsing membaca seluk-beluk penggunaan dan optimalisasi laptop ini. Menelaah lebih dalam dibanding dengan sebelum membeli. Karena memang hobinya membaca sih, hehe.

Masih penasaran, Kami pun menyaksikan kembali beberapa review ASUS ZenBook Duo di YouTube yang notabene “ngulik” versi processor i7 (sementara yang Kami miliki berprosesor i5).

Hati kecil kembali disambangi pertanyaan lain, “Laptop yang dibeli ini, seri berapa sih?” maka untuk menghilangkan rasa penarasaran tersebut, Kami ambil lagi kardus laptop yang sudah disimpan dalam gudang. Tadaaa, laptop Kami adalah ASUS ZenBook Duo 14 UX482EG, didukung dengan processor Intel i5 generasi 11.

Tiba-tiba kok penasaran ingin tau, berapa harga barang tersebut di toko online? Kami buka website bhinneka.com, langsung melakukan pencarian barang dengan search query “zenbook duo”, dan beberapa saat hasil cari menampilkan produk “ASUS ZenBook Duo 14 UX482EA-KA551TS Celestial Blue” yang dilabeli harga sebesar Rp. 19.299.000. Mulai keringat dingin Roaders!

Gak pake nunggu lama, Kami hitung selisih antara harga beli di pusat perbelanjaan sebesar Rp. 21.999.000 dengan yang tampil di bhinneka.com. Benar terpaut jauh yakni Rp. 2.701.000!!!

Selisihnya hampir tiga juta rupiah, bukan dua ratus ribu-an Roaders! Panik nggak? Ya panik laah, masa enggak. Kami berpikir, dengan barang yang sama, kenapa harus kehilangan uang sejumlah tersebut, jumlah selisih yang banyak bagi Kami. Qadarullah wa ma sya’a fa’al.

SubhanAllah! Padahal, H-1 sebelum membeli Kami sudah melakukan analisa atas produk dimaksud dengan metode browsing di beberapa situs web e-commerce, salah satunya di bhinneka.com, untuk melihat kisaran harga laptop ASUS ZenBook. Memang range harga yang terekam dalam benak adalah Rp. 19.000.000 sampai Rp. 24.000.000.

Apakah Kami benar-benar merugi dan kehilangan uang jutaan rupiah? Yuk lihat lebih detail perbandingan spesifikasi masing-masing barang yang dijual di situs web e-commerce dengan yang Kami miliki (dibeli di toko).

ASUS ZenBook Duo 14

TOKOASUS Exclusive Store Mall Taman AnggrekBhinneka.Com
LAPTOPASUS ZenBook Duo 14 UX482EAASUS ZenBook Duo 14 UX482E
HARGARp. 21.999.000Rp. 19.299.000
PROCESSORIntel Core i5 Gen 11Intel Core i5 Gen 11
GRAFISGeForce MX450Intel Xe Graphics
RAM8 GB (ON BD.)8 GB (ON BD.)
SSD512 GB512 GB
LAYAR UTAMA14 INCH (Anti-Glare Display)14 INCH (Anti-Glare Display)
LAYAR TAMBAHANScreenpad PlusScreenpad Plus
LAYAR SENTUHYAYA
SPEAKERHARMAN/KARDONIntegrated
OSWIN 10 64 BITWIN 10 64 BIT
SOFTWARE LAINMICROSOFT OFFICE HOME AND STUDENT 2019MICROSOFT OFFICE HOME AND STUDENT 2019
BERAT1.62 Kg1.62 Kg
FREEBIE1. Kalender meja ASUS;
2. Totebag #ZENCREATOR;
3. ASUS ZenBook Sleeve.
1. ACRONIS True Image;
2. LOGITECH Wireless Mouse M350;
3. ASUS ZenBook Sleeve.

Alhamdulillah. Ternyata Kami “tidak jadi rugi”, karena memang terdapat perbedaan spesifikasi yang berkonsekuensi kepada harga yang jauh lebih mahal. Berdasar data yang ditampilkan pada tabel di atas, perbedaan dimaksud terdapat pada kartu grafis dan speaker – ada pun perbedaan pada item freebies Kami pikir sedikit saja pengaruhnya.

Maka kesimpulan dan hikmah yang dapat Kami tarik adalah:

  1. Jangan tergesa-gesa membeli barang. Terlebih terburu-buru itu merupakan salah satu sikap yang tercela;
  2. Jika hendak membeli barang, berapa pun harganya, maka patut  mengingat betul produk apa yang akan dibeli, beserta spesifikasi dan harga pasaran;
  3. Ketika pergi ke toko offline dan akan membeli barang, maka lakukanlah proses “lihat-lihat dulu”. Jika sudah mengetahui betul spesifikasi barangnya. Buka kembali situs e-commerce seperti bhinneka.com untuk mengetahui perbandingan spesifikasi dan harga. Siapa tau, dengan “spek” barang yang sama, Anda dapat membeli dengan harga yang jauh lebih murah;
  4. Pada website e-commerce, perhatikan juga tawaran merchandise gratis atau bonus lainnya;
  5. Hilangkan pikiran “Ah udah ini aja, langsung bungkus”. Lakukan survey lapangan mau pun secara online minimal satu minggu sebelum memutuskan untuk membeli;
  6. Selisih harga yang terpaut jauh pada barang dengan model sama, bisa jadi disebabkan perbedaan spesifikasi detail.

Sehingga dengan memahami enam hal tersebut, Anda dapat terhindar dari kerugian yang bersifat materil atau beban psikis berupa “mendadak panik” seperti yang Kami alami petang ini.

Demikian artikel tentang “PANIK: Ternyata Lebih Murah Beli Laptop Secara Online Dibanding Langsung Di Toko”. Semoga bermanfaat. Barakallaahu Fiikum, Jazakumullaah Khairan.

Sumber Data:
1. asus.com/id;
2. bhinneka.com

Affan

Penulis: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. (Analis Kerja Sama Luar Negeri - Kementerian LHK, Jakarta Pusat) – Tim developer website Minamata Convention PBB 2021 | Lihat semua artikel Affan | Instagram | YouTube | Website | Disclaimer

2 thoughts on “PANIK: Ternyata Lebih Murah Beli Laptop Secara Online Dibanding Langsung Di Toko

  • April 26, 2021 at 16:54
    Permalink

    Alhamdulillah, udh gak panik yaa? Karena udh dpt jwban harga beda karena spesifikasinya beda. Setuju sih sama hikmahnya, gak boleh melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa

    Reply
    • May 7, 2021 at 15:32
      Permalink

      Yes Roaders! Bener banget Liza. Awalnya sih bikin badmood sampe lemes, haha.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *