Konglomerat 4 Sekawan Terkenal di Era Orba

BOGOR – Roaders, Konglomerat merupakan perusahaan besar dengan banyak anak perusahaan. Anak perusahaan ini berasal dari merger antara berbagai perusahaan yang menghasilkan berbagai produk yang berbeda-beda dan tidak ada kaitannya. Istilah ini mulai dikenal umum pada era Orde Baru untuk menggambarkan kekayaan seseorang pengusaha kelas kakap.

Empat sosok konglomerat Orde Baru (Orba) yang dekat dengan Soeharto. Adapun dekat dengan keluarga Cendana menguntungkan pada masa itu.

Pasalnya, segala fasilitas dan kemudahan tentu akan diberikan Soeharto untuk orang terdekatnya. Oleh sebab itu, tidak heran apabila para konglomerat mempunyai harta berlimpah.

Lantas, siapa aja empat sosok konglomerat Orde Baru (Orba) yang dekat dengan Soeharto?

Dihimpun iNewsBogor.id dari berbagai sumber, Senin (12/09/2022), empat sosok konglomerat Orba yang dekat dengan Soeharto:

  • Liem Sioe Liong
    Liem Sioe Liong merupakan salah satu yang masuk di kelompok “Empat Sekawan” Soeharto pada masa lampau. Liem Sioe Liong dikenal mendapat kepercayaan untuk memasok kebutuhan tentara Indonesia.
  • Bob Hasan
    Bob Hasan menjadi salah satu konglomerat kebanggaan Soeharto. Diketahui, Bob Hasan mendapat Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang didapatnya langsung dari Soeharto.
Bob Hasan. Foto: roadio.id/istimewa
  • Eka Tjipta Widjaja
    Kedekatannya dengan Soeharto membuat ekspansi bisnis Eka Tjipta Widjaja terjadi secara besar-besaran. Dia juga menyokong sejumlah bisnis keluarga Soeharto.
  • Prajogo Pangestu
    Prajogo Pangestu juga masuk dalam kelompok “Empat Sekawan” Soeharto. Perusahaannya yakni PT Barito Pacific kerap menjalankan kerja sama dengan anak-anak Soeharto.
Prajogo Pangestu. roadio.id/istimewa

Konten Terkait