Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022: Satu Bumi untuk Masa Depan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan perhelatan tahunan bertajuk “Indonesia Climate Change Expo & Forum“. Pameran tersebut bertujuan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022 lalu.

Penanggungjawab pameran Indonesia Climate Change ini adalah Direktorat Jenderal PPI, yang pada kesempatan tersebut turut memeriahkan acara pada booth tersendiri.

Pengunjung dapat datang langsung ke lokasi pameran (terbuka untuk umum secara gratis) di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. Visitor dapat menikmati beberapa kreativitas yang menarik.

Pentas seni tari pada seremoni pembukaan “Indonesia Climate Change Expo & Forum

Pameran dilakukan secara parsial pada booth terpisah.

Booth Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang menampilkan berbagai macam jenis dan motif kain batik yang terbuat dari batang dan buah mangrove.

Selanjutnya pada booth Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK (GAKKUM) ditampilkan model seragam Polisi Hutan lengkap dengan persenjataannya.

Disebelahnya terdapat booth Perhutanan Sosial, menghadirkan kopi yang ditanam di dalam kawasan hutan melalui pola agroforestry, yaitu pemanfaatan lahan secara terpadu dengan memadukan tanaman kehutanan dengan tanaman pertanian.

Diseminasi informasi tentang Folunetsink 2030 dan pengendalian iklim dipaparkan pada booth Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI).

Selanjutnya pada booth yang tampil dengan dekorasi warna hitam – emas, terlihat dominan dari yang lainnya, Direktorat Jenderal PSLB3, menampilkan display atraktif tentang pusat pengendalian sampah, limbah, dan bank sampah.

Sepeda unik diperkenalkan oleh Environmental Bamboo Foundation. Yayasan Bambu Lestari menampilkan sepeda bambu pertama di dunia. Anda dapat mengetahui lebih dalam melalui halaman website bambuvillage.org

Earthero menampilkan perlengkapan kebersihan dan yang terbuat dari kayu, guna meminimalisir sampah. Alliance Global Ecobricks menghadirkan kerajinan yang berbahan dasar botol plastik bekas, dan masih banyak lagi.

Kontributor & teks: Ambareni
SEO: Affan

Konten Terkait