12 Film Horor Terbaik Indonesia

ROADERS, Industri Perfilman Indonesia beberapa tahun belakangan ini mendapatkan respon positif baik dari penonton dalam negeri maupun luar negeri.

Peminat nya pun sekarang dari berbagai kalangan usia baik pelajar hingga orang tua. Baik itu film yang diangkat dari kisah nyata ataupun film dari berbagai genre terutama horor.

Bahkan, untuk memuaskan hasrat para penonton, banyak film yang sengaja di-remake. Salah satunya ialah Ratu Ilmu Hitam dan juga Suzanna yang baru saja di remake dan kembali ditayangkan dalam kurun waktu 3 tahun lalu.

Berikut, 12 film horor terbaik Indonesia versi Okezone:

1. Jelangkung (2001)

Jelangkung: Datang Tak Dijemput, Pulang Tak Diantar.

Mengangkat kisah mistis boneka jailangkung yang konon dikabarkan bisa memanggil arwah. Ferdi (Winky Wiryawan) cs yang gemar mencari tempat angker, mendatangi sebuah desa bernama Angker Batu di Jawa Barat.

Kesal lantaran tidak mendapat apa-apa salah satu rekannya, Soni (Harry Pantja) memilih untuk menjalankan ritual pemanggilan setan melalui jailangkung, dan membuat kehidupan empat sekawan ini berubah.

2. Bangsal 13 (2003)

Poster film “Bangsal 13”

Tiga orang wanita muda mengalami kecelakaan mobil dan harus dilarikan ke Rumah Sakit. Penuhnya rumah sakit tersebut, membuat suster kewalahan dan terpaksa membuka kembali bangsal nomor 13 yang telah ditutup selama 20 tahun.

3. Kuntilanak (2006)

Samantha (Julie Estelle) memilih untuk tak lagi tinggal dirumah pasca kematian ibundanya. Ia pun memilih untuk tinggal di sebuah kos-kosan yang dulunya merupakan sebuah pabrik batik bernama Mangkoedjiwo.

Disanalah Sam mengetahui bahwa dirinya memiliki kemamuan untuk menembangkan durno pemanggil kuntilanak.

4. Keramat (2009)

Sebuah tim produksi film melakukan pra-syuting di kawasan Bantul, Jawa Timur. Salah seorang pemeran utama, yakni Migi (Migi Parahita) diketahui sakit dan mengalami kerasukan hingga menghilang.

Sementara rekan-rekannya yang lain diharuskan mencari Migi di Pantai Parangtritis, yang merupakan pintu alam dunia manusia dengan dunia roh halus.

5. Rumah Dara (2010)

Berkisah tentang sekelompok muda-mudi yang terjebak di sebuah rumah keluarga pembunuh saat hendak pergi ke Bandara. Dalam rumah tersebut seorang wanita tua bernama Dara dan juga ketiga anak-anaknya yang siap menghabisi nyawa mereka dengan tindakan yang sadis serta kejam.

6. Modus Anomali (2012)

Seorang laki-laki bernama John Evans (Rio Dewanto) bangun dalam kondisi tergeletak di hutan dan lupa ingatan. Ia berusaha mengingat kembali segala kejadian sambil menyusuri hutan, hingga ia menemukan petunjuk, yakni sebuah kamera video berisi gambar dirinya bersama dua orang anaknya, serta istrinya, yang dibunuh menggunakan pisau.

7. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan 2017 merupakan remake dari film Pengabdi Setan 1980. Berkisah tentang Rini dan adik-adiknya yang mengalami teror usai ibunya meninggal dunia lantaran semasa hidup ibundanya mengikuti sebuah sekte pemuja setan, demi bisa mendapatkan keturunan.

8. Danur Universe (2017)

Diangkat dari buku karya Risa Saraswati, Danur bercerita tentang dirinya yang merupakan seorang indigo. Sejak kecil, Risa memiliki beberapa sahabat tak kasat mata, yakni Janshen, Peter, dan William. Setelah dewasa Risa membawa anaknya, Riri untuk mengunjungi rumah masa kecilnya. Disanalah ia bertemu dengan Asih.

9. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Lesmana (Ray Sahetapy) membuat perjanjian dengan iblis dengan imbalan kesuksesan sebagai pengusaha, hingga ia berani menumbalkan istrinya. Setelah bertahun-tahun pergi meninggalkan anaknya. Alvi (Chelsea Islan) diminta untuk menemui ayahnya yang sekarat di rumah sakit. Disanalah ia bertemu dengan ibu sambung dan juga saudara tirinya, hingga berebut untuk menguasai villa di Puncak.

10. Kasarean (2018)

Mengangkat kisah tentang dampak buruk yang ditimbulkan jika tidur selepas waktu ashar. Film pendek besutan sutradara muda Adlino Dananjaya & Sandi Hasyono ini berhasil menyabet penghargaan Best Horror Movie pada gelaran Hello Fest’12 2018, The Best Story Line pada International Photography and Short Movie Festival 2018. “Kasarean” memiliki alur yang sangat menarik diikuti. Beberapa kejutan nan menegangkan akan penonton rasakan dengan durasi kurang dari 10 menit.

11. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

Mengisahkan Suzanna (Luna Maya) dan suaminya Satria (Herjunot Ali) yang sudah menikah selama 5 tahun, namun belum dikaruniai momongan.

Hingga suatu hari Suzanna diketahui hamil bersamaan dengan niat jahat empat karyawannya yang memiliki dendam pada suaminya. Perampokan di rumah tersebut mengakibatkan Suzanna meninggal dunia.

12. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Maya (Tara Basro) yang dibesarkan oleh tantenya, berusaha mencari harta peninggalan orang tuanya di Desa Harjosari. Kedatangannya bersama sahabatnya, Dini (Marissa Anita), justru membuat keduanya harus menghadapi keanehan yang terjadi di desa tersebut, termasuk bayi yang lahir tanpa kulit.

13. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Sama seperti Pengabdi Setan, Ratu Ilmu Hitam merupakan film remake dari Ratu Ilmu Hitam (1981). Berkisah tentang Hanif (Ario Bayu) yang membawa keluarganya bertemu dengan dua sahabatnya di panti asuhan tempat mereka dibesarkan. Kedatangan mereka yang awalnya hanya ingin menjenguk pengasuh di panti, justru berubah menjadi menegangkan.

Demikianlah daftar dan ulasan mengenai film horor terbaik Indonesia.

Konten Terkait