Emwe Tampil Memukau Menteri Kabinet Indonesia Maju di Kongres Kehutanan Indonesia VII 2022

Kongres Kehutanan Indonesia VII tahun 2022, bertema “Hutan Terkelola, Bumi Terjaga, Bangsa Berdaya”. Diselenggarakan di Auditorium gedung Manggala Wanabakti – Jakarta Pusat, pada Selasa 28 Juni 2022.

KKI merupakan acara 5 tahunan. Perhelatan kali ini disertai side event pameran hingga tanggal 30 Juni mendatang.

Dari kiri ke kanan: Sekjen Kementerian LHK, Menteri LHK, Anggota DPR RI, Menko Bidang Perekonomian Indonesia, Menteri Koperasi UKM, dan Wakil Menteri LHK.

Pada pembukaan KKI VII 2022, Emwe official band Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tampil memukau dengan kualitas performa musik yang sanggup membawa penonton masuk kedalam suasana lestari.

Bersama juara KLHK Idol 2022, Citra Arruum Purbosari – Ditjen PHLHK, Emwe membawakan single hitsLestarikan Hutan Kita” di hadapan para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Siti Nurbaya, hadir bersama Menteri Koperasi dan UKM – Teten Masduki, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia – Airlangga Hartarto, dan Menteri Keuangan – Sri Mulyani Indrawati.

Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Wakil Menteri BUMN, Anggota DPR RI Dedi Mulyadi, Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono juga sebagai Ketua Presidium Dewan Kehutanan Nasional (DKN) penyelenggara KKI, serta jajaran eselon I dan II lingkup Kementerian LHK juga turut datang dalam kongres tersebut.

Menteri LHK, Ibu Siti Nurbaya pada opening remarks menyatkan bahwa, ”Penyelenggaraan KKI sangat penting. Sebab hutan bukan soal teknis dan vegetasi, akan tetapi juga berbicara soal kepentingan politik negara di mata dunia.”

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. pada KKI VII 2022.

Ditengah situasi pandemi COVID-19, tentu kita tidak boleh lengah. Acara ini diharapkan dapat membangkitkan optimisme dan potensi ekonomi disektor kehutanan,” disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Ketua Presidium DKN, Bambang Hendroyono yang juga menjabat Sekjen KLHK  mengingatkan kembali soal program prioritas Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 dan G20 Presidency of Indonesia pada pembukaan KKI VII 2022.

Pengertian FOLU Net Sink 2030 adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan kondisi dimana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi.

Manajer Emwe, Very Santoso – Biro Umum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menyoal urgensi KKI dari perspektif pelaku usaha kehutanan, Gagan Gandara (Jakarta Representative Manager – PT Musi Hutan Persada) yang pagi itu hadir pada meja bundar KKI menyatakan bahwa, “Bisnis berbasis Forestry and Other Land Use (FOLU) menjadi sangat berharga, dalam 2 tahun terakhir industri kehutanan tumbuh positif. Oleh sebab itu trend ini perlu dijaga dengan road map yang menyeluruh. Sehingga kepastian mekanisme pengelolaan hutan dapat diselenggarkan dengan baik, melibatkan elemen masyarakat. Khususnya masyarakat sekitar kawasan hutan.”

Hematnya, agroforestry dapat menjawab kebutuhan krisis pangan dunia. Di samping itu dirinya juga menyatakan bahwa “Pengembangan usaha di sektor Forestry and Other Land Use memiliki potensi besar, di antaranya dalam hal pengembangan pemanfaatan biomassa sebagai energi terbarukan.”

Music videoLestarikan Hutan Kita” – Emwe official band Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Usai menyaksikan penampilan Emwe band pada pembukaan Kongres Kehutanan Indonesia VII 2022, Gagan menyampaikan apresiasi terhadap single hitsLestarikan Hutan Kita” yang sanggup memberikan vibes kelestarian alam.

Sumber foto & video: (1) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Simon Onggo | Dihansyah Suta Hanuraga); (2) Eksklusif Emwe.

Konten Terkait