Contoh Ukuran Featured Image WordPress SEO Friendly

Roaders! Ukuran featured image di wordpress memiliki beberapa bentuk dan dimensi yang berbeda. Berikut ini contoh ukuran featured image wordpress yang SEO friendly.

1. Contoh Ukuran Featured Image

Secara empiris, terdapat dua (2) jenis bentuk featured image yang dapat digunakan pada website wordpress Anda, yakni bentuk square dan landscape.

1.1. Square (Persegi)

Featured image berbentuk kotak persegi
Contoh featured image wordpress berbentuk kotak persegi.

Untuk bentuk square atau persegi, anda dapat menggunakan ukuran:

  1. 500×500 px; atau
  2. 800×800 px.

Rekomendasi kami adalah 800x800px, dengan size seperti ini, Anda dapat dengan mudah menjadikan featured image wordpress sebagai bahan konten di media sosial seperti Instagram.

1.2. Landscape (Horizontal)

Contoh featured image wrodpress ukuran landscape.
Contoh featured image wrodpress berbentuk landscape. Dari artikel: Tajassus

Kemudian, untuk bentuk landscape atau persegi panjang atau horizontal, anda dapat mengatur ukuran gambar menjadi:

  1. 1920×1080 px; atau
  2. 1024×768 px.

Saran kami adalah ukuran 1920×1080 px.

Untuk membuat template featured image wordpress, anda dapat menggunakan software Adobe Illustrator, Adobe Indesign, hingga Powerpoint.

Ketika proses desain featured image pada salah satu software tersebut selesai, pastikan gambar disimpan dalam file size yang kecil. Hal ini bertujuan agar gambar yang digunakan sebagai featured image tidak memperlambat page load speed atau load time.

Sebab, durasi page load speed mempengaruhi kualitas halaman tersebut yang berkonsekuensi kepada peringkat di Google search. Sederhananya, semakin cepat suatu halaman itu terbuka, maka semakin besar peluang artikel Anda muncul di halaman pertama Google search.

2. Membuat Featured Image WordPress

Langkah-langkah untuk membuat file size gambar yang kecil adalah sebagai beriktut:

2.1. Adobe Indesign

Pada menu bar yang terletak di atas, klik [File], [Export]. Kemudian pada baris isian [File name] tulis nama file sesuai keinginan Anda. Pastikan nama file sesuai dengan keyword yang digunakan dalam artikel Anda. Ini akan berpengaruh kepada Search Engine Optimization (SEO).

Selanjutnya pada bagian pilihan [Save as type] pilih format [JPEG], kemudian klik [Save].

Kemudian akan muncul panel [Export JPEG], di sini Anda dapat melakukan pengaturan lebih lanjut untuk memperoleh file gambar dengan size yang kecil.

Pada baris [Range], tulis nomor halaman gambar yang ingin di-export menjadi JPEG. Pada bagian [Image], [Quality] pilih [Medium] atau [Low]. Kemudian pada bagian [Resolution (ppi)] pilih nilai [72].

Selanjutnya pada abagian [Color space], pilih [RGB]. Mengapa RGB? Sebab peruntukan gambar ini adalah desktop publisihing, bukan sebagai printing design purpose (cetak). Langkah terakhir, klik [Export].

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, maka gambar akan tersimpan dengan file size yang kecil, di bawah 100 KB.

2.2. Adobe Illustrator

Pada menu bar, klik [File], [Export]. Kemudian pada [File name], tulis nama file yang Anda kehendaki, lalu pada bagian [Save as type], pilih format [JPEG].

Pastikan tanda centang aktif di sisi kiri [Use Artboards]. Jika Anda mengguakan beberapa workspace berbeda, pastikan Anda sudah menentukan nomor workspace yang hendak di-export pada bagian [Range]. Setelah itu klik [Save].

Kemudian akan muncul panel [JPEG Options]. Pada bagian [Color Model], pilih [RGB]. Pada bagian [Quality], anda dapat menentukan pilihan mulai dari [Medium, High, atau Maximum]. Setelah itu, pada bagian [Resolution] pilih [Screen (72 ppi)]. Langkah terakhi, klik [Ok].

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, gambar akan tersimpan dalam size di bawah 100 KB.

2.3. Powerpoint

Menariknya selain berfungsi untuk membuat paparan materi, Powerpoint juga dapat dioptimalkan sebagai alat untuk membuat featuring image wordpress. Ikutilah langkah-langkah berikut dengan seksama.

Buka Powerpoint, kemudian buatlah blank presentation. Untuk menentukan ukuran, pada menu [Design], klik [Slide Size], kemudian pilih [Custom Slide Size].

Pada bagian [Widht] dan [Height], input angka [800 px], ukuran akan otomatis terkonversi menjadi [16,933 cm]. Kemudian klik [OK].

Selanjutnya, Anda dapat memulai mengisi halaman presentasi dengan eleman-elemen desain. Jika sudah selesai dan siap di-export menjadi gambar, klik menu [File], [Save As].

Pada baris [File name], tulis nama file. Pada baris [Save as type], pilih format [JPEG File Interchange Format]. File akan tersimpan dalam file seize yang sangat kecil.

Roaders! Demikianlah contoh ukuran featured image wordpress, lengkap dengan langkah-langkah membuatnya hingga menjadi sebuah gambar yang SEO friendly. Semoga bermanfaat. Semoga sehat selalu dan semoga dilimpahkan keberkahan. InsyaAllah.

Konten Terkait