Cara Mengukur Label Kemasan Botol HHBK

3rd ICIUOG 2022 atau International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada 23-25 November mendatang.

Sebagai tim koordinator booth Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berikut ini hal-hal yang kami siapkan pada H-2.

H-2 tepatnya tanggal 21 November petang, merchandise kiriman berbagai Direktorat lingkup KLHK serta mitra mulai berdatangan.

Produk-produk tersebut merupakan olahan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Mulai dari teh bunga telang, tas dan sepatu fashion berbahan daur ulang kantong plastik, madu, sabun dan body scrub mangrove, hingga kain batik eco-print.

On hands: botol madu dan sabun cair mangrove.

Bisa dibayangkan betapa “ramai” corak yang mewarnai merchandising list kami. 

Selain itu, kemasan tersebut juga perlu di-repackage agar nampak estetik dan komersil.

Oleh sebab itu, perlu branding yang konsisten dengan objek utama berupa logo KLHK terbaru.

Tahukah Anda? Hal yang paling menarik adalah ketika mendesain ulang label sticker untuk botol sabun mangrove cair. Sebab kami mengemas ulang kedalam botol polos transparan dengan ukuran yang lebih kecil agar handy bagi para penerima merchandise di 3rd ICIUOG 2022.

Untuk mengetahui ukuran label botol yang tepat, langkah pertama yang dilakukan adalah mengukur tinggi dan diameter bagian tubuh botol. Diperoleh tinggi 5 cm dengan diameter botol 2.2 cm. Untuk menegtahui ukuran lebar permukaan (keliling) botol, ada banyak webtool yang dapat digunakan. Namun kami menggunakan Calculator.NET.

Pada bagian “Cylindrical Tank Surface Area”, kami menginput 2 untuk nilai radius (r)/diameter, dan 5 untuk nilai height (h)/tinggi. Setelah itu ubah satuannya menjadi “centimeters”. Selanjutnya klik tombol hijau “Calculate”. Hasil yang keluar pada “Lateral Surface Area” adalah 62 cm2. Berdasar hasil tersebut maka ukuran lebar dan tinggi yang ditentukan pada artboard desain adalah 6×5 cm.

Berikut ini hasil desain sticker/label kemasan botol sabun cair mangrove:

Sementara itu, untuk mengetahui ukuran label/sticker permukaan datar, kami menggunakan cara konvensional yakni dengan penggaris biasa satuan centimeter.

Berikut ini hasil desain sticker/label kemasan datar:

Penyematan QR-code pada menuju halaman komersial atau keterangan detail produk.

Demikian cara mengetahui ukuran label kemasan botol. Semoga bermanfaat.

FYI: Merchandise dibagikan secara cuma-cuma.

Konten Terkait