Cara Mengganti Ukuran Featured Image WordPress

Roaders! Pernahkah anda mengalami keadaan di mana gambar thumbnail post yang tampil di halaman beranda tidak seragam ukurannya? Kemudian anda bertanya-tanya bagaimana cara mengganti ukuran featured image wordpress?

Misal, semula anda telah membuat ukuran featured image dengan dimensi 1920×1080 pixel, namun setelah mengganti themes wordpress, ukuran yang tampil berubah menjadi 800×800 pixel.

Hal ini biasanya terjadi setelah anda mengganti themes wordpress, sebab masing-masing themes memiliki ukuran bawaan untuk featured image/thumbnail post.

Untuk mengembalikan gambar thumbnail sesuai ukuran yang semula gunakanlah plugin wordpress simple-image-sizes. Unduh plugin tersebut, kemudian upload dan activate pada wordpress anda.

Caranya, pada menu Dashboard, klik menu Plugins > Add New. Kemudian klik tombol Upload Plugin yang berada di sisi kanan atas. Setelah plugin berhasil diupload, klik Activate.

Gambar 1: Untuk melihat panel ini, klik menu Settings > Media.

Setelah plugin diaktivasi, klik menu Settings > Media. Semula setting ukuran gambar hanya terdapat tiga pilihan saja yakni: Thumbnail size, Medium size, dan Large size. Namun setelah plugin Simple Image Size diaktivasi, akan muncul advanced setting sebagaimana yang tampil pada Gambar 1 di atas.

Pada langkah ini anda dapat merubah nilai pada kolom isian ukuran gambar.

Ganti ukuran featured image pada baris “namatheme”-featured-image size. Kemudian klik tombol Update yang tampil pada sisi kanan.

Gambar 2: klik Regenerate Thumbnails > Save Changes.

Pastikan anda juga telah melakukan regenerate thumbnail, kemudian klik Save Changes.

Hasilnya akan langsung bekerja, buka halaman utama (home) situs anda. Untuk memastikan ukuran gambar sudah berubah, refresh halaman utama situs anda dengan menekan tombol Shift + F5 pada keyboard.

Demikianlah cara mengganti ukuran featured image pada wordpress anda. Semoga bermanfaat.

Konten Terkait