Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan (Ada Bagian Yang Tidak Perlu Diisi)

cara klaim bpjs ketenagakerjaan
Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara online. Caranya adalah dengan mengisi formulir pengajuan klaim online.

Langkah pertama yang dapat Roaders lakukan adalah mengakses situs web https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, login kedalam sistem menggunakan alamat e-mail dan password yang digunakan pada saat Anda mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Jika berhasil login, Anda akan diarahkan kedalam halaman dashboard. Pada halaman ini terdapat empat menu utama yakni: Kartu Digital; Lihat Saldo JHT; Klaim Saldo JHT, dan Simulasi.

Anda boleh saja mencoba satu per satu menu tersebut. Namun karena tujuan kita adalah untuk mencairkan dana, maka langsung saja klik menu [Klaim Saldo JHT].

Setelah halaman “Klaim Saldo JHT” tampil, pada baris KPJ Anda diminta untuk menginput nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, pilih “PENGAJUAN KLAIM” pada drop-down KEPERLUAN. Kemudian untuk JENIS KLAIM pilih “PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)”, kemudian klik tombol [Kirim].

Selanjutnya Anda akan diarahkan kedalam halaman pelengkapan berkas-berkas untuk diunggah versi scan-nya. Ada pun dokumen yang wajib disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan;
  2. KTP;
  3. Kartu Keluarga;
  4. Surat keterangan berhenti bekerja / surat keterangan habis kontrak / surat pengalaman bekerja;
  5. Buku tabungan pada halaman yang tertera nomor rekening dan masih aktif;
  6. Foto diri terbaru (tampak depan) – tidak perlu berlatar merah atau pun biru seperti foto KTP;
  7. Formulir pengajuan JHT;
  8. NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan akumulasi saldo di atas Rp. 50.000.000).

Untuk memperoleh formulir pengajuan JHT (Formulir 5 BPJS Ketenagakerjaan), dapat di download pada halaman yang sama. Setelah mendownload dan mengisi Formulir 5, scan dan upload beserta syarat-syarat dokumen lain tersebut di atas. Formulir 5 BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu diisi atau ditempel materai, cukup coretkan tanda tangan Anda.

Jika dokumen-dokumen tersebut sudah diupload, operator akan memeriksa kelengkapan dokumen. Selanjutnya Anda akan menerima email berisi nomor pengajuan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan serta jadwal konfirmasi klaim (ONLINE).

Email jadwal verifikasi online oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan.
Email jadwal verifikasi online oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengajukan klaim, akan dihubungi oleh petugas untuk proses wawancara atau verifikasi online, paling cepat sesuai dengan jadwal konfirmasi. Proses verifikasi online tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp.

Secara empiris, jam petugas menghubungi peserta tidak sesuai dengan yang telah dijadwalkan oleh sistem. Dalam kesempatan yang kami alami saat verifikasi online, hal tersebut dilakukan sekitar pukul 12.45, mundur dari jam yang telah dijadwalkan oleh sistem 09:00 – 10:00.

Pada hari H di mana Anda sudah dijadwalkan untuk verifikasi online, bawalah dokumen-dokumen tersebut ke mana pun Anda pergi. Sebab datangnya telepon dan video call dari petugas BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat diduga-duga.

Jika sudah ditelepon oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat memeriksa status klaim dengan menekan tombol [Klaim Saldo JHT], kemudian pilih tab [Tracking Klaim]. Ketik nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki, kemudian klik tombol [Cari].

Pada tahap ini, Anda juga akan memperoleh email yang berisi informasi kelayakan pengajuan klaim, apakah diterima atau ditolak.

Roaders yang telah mengaktifkan layanan SMS Banking pada kesempatan yang lain, akan menerima pesan singkat yang memberitahukan soal dana masuk dari BPJS Ketenagakerjaan seperti contoh di bawah ini.

cara klaim bpjs ketenagakerjaan
Alhamdulillah, Cair!

Roaders! Jika selama proses verifikasi telepon dan video call petugas bersikap buruk, tidak ramah, atau membuat Anda merasa tidak nyaman, laporkan saja kualitas layanannya melalui portal resmi Pemerintah yakni lapor.go.id

Demikianlah ulasan tentang Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online, tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor BPJS yaa Roaders!

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Affan

Penulis: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. (Analis Kerja Sama Luar Negeri - Kementerian LHK, Jakarta Pusat) – Tim developer website Minamata Convention PBB 2021 | Lihat semua artikel Affan | Instagram | YouTube | Website | Disclaimer

2 thoughts on “Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan (Ada Bagian Yang Tidak Perlu Diisi)

  • May 7, 2021 at 16:27
    Permalink

    alhamdulillah, sekarang udah tau bisa lewat online…gak perlu jauh2 datang ksana…cukup lewat online aja udah mempermudah… terimakasih

    Reply
    • May 8, 2021 at 13:14
      Permalink

      Yes Roaders! Asalkan data-datanya lengkap dan ketika jadwal verifikasi online bisa ikutin prosedurnya, InsyaAllah duit langsung cair, Zannah.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *