Cara Cepat Memotivasi Diri

Apa yang membuat seseorang melakukan apa yang dia kerjakan?” sebuah pertanyaan yang muncul sejak awal mula kehidupan manusia. Secara mendasar, tindakan seseorang didorong oleh kebutuhan hidup yang belum terpenuhi.

Jika lapar, makan. Ketika haus, minum. Merasa lelah, tidur, dan seterusnya.

There are two things people want more than sex and money… recognition and praise.

Mary Kay Ash. Founder, Mary Kay, Inc.

Jika kebutuhan lahiriah terpenuhi, perhatian seseorang akan beralih kepada keperluan lain yang dianggap penting. Seperti rasa ingin memiliki suatu barang dan mencapai sesuatu.

Seseorang mungkin termotivasi untuk meluangkan banyak waktu bersama keluarga, ingin kenaikan gaji, atau mungkin ingin menduduki suatu jabatan tertentu.

Jika Anda menjanjikan sesuatu untuk diberikan kepada seseorang jika dia telah mengerjakan tugas, ini disebut incentive (insentif).

Namun, jika Anda memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu dan jika tidak dikerjakan maka dia akan dipecat, ini disebut motivasi.

Men and women want to do a good job, a creative job, and if they are provided the proper environment, they will do so.

Bill Hewlett. Co-Founder, Hewlett-Packard.

Sehingga dapat diketahui cara cepat memotivasi diri sendiri adalah dengan berusaha memenuhi apa yang menjadi kebutuhan hidup. Ketahui apa yang Anda butuhkan dan kerjakanlah sesuatu untuk dapat memperoleh hal itu.

Sumber: Motivating Today’s Employees, Bob Nelson. – Terjemah bebas.

Konten Terkait