7 Habit Pagi Hari yang Nggak Bagus

Roaders, pasti pernah ngalamin kondisi dimana berasa males banget melakukan aktifitas ini dan itu alias mager. Ternyata hal ini bisa jadi disebakan beberapa faktor kebiasaan jelek kita di pagi hari.

Terus apa aja sih, 7 di antaranya yang jadi biang keladi mogoknya semangat kita. Simak dan ingat baik-baik ya.

1. Buka mata, gercep langsung ngecek ponsel

Kebiasaan langsung buka ponsel atau gadget ketika belum move on dari tempat tidur kudu mesti bin harus segera dihindari.

Kenapa? karena secara mental, tubuh kita masih belum siap menerima dan mencerna informasi pas baru banget bangun tidur. Paling nggak Roaders mesti lakukan dulu aktivitas seperti misalnya mandi, sarapan, dan berpakaian, baru deh Roaders ngecek ponsel or gadget.

2. Nyuekin alarm yang udah disetting semalam

Padahal sebelum tidur, kita sudah punya rencana mulia untuk bangun lebih awal dengan menyeting alarm. 

Tapi disaat alarm berbunyi kita malah nyuekin dan justru nge-tap tombol snooze, ini menandakan bahwa tidur yang kamu lewati gak cukup. Bakal selalu ada alesan untuk nggak segera bangun.  Meminamilisir hal ini, akan lebih baik tidur lebih awal.

Selain itu, coba deh tanamkan mind set harus bangun lebih pagi. Harapannya, aktifitas kamu yang monoton akan terasa lebih cepat.

3. Mandi air hangat

Roaders, tentu salah satu alasan kamu memilih air hangat untuk mandi adalah cuaca pagi yang dingin.

Tapi faktanya mandi dengan air hangat bisa menyebabkan kulit menjadi gatal, kemerahan, kering, dan bahkan bisa meradang.  Karena itu, akan lebih baik kalau mandi pagi dengan menggunakan air dingin.

Air dingin memberikan manfaat baik pada tubuh kamu, seperti otak menjadi rileks.

4. Ogah olahraga

Aktifitas  berolahraga umumnya dilakukan pada pagi dan atau sore hari. Tentunya jika ingin merasakan manfaat olahraga, pilihlah berolahraga di waktu pagi hari, Roadsss.  Salah satu manfaat berolahraga di pagi hari adalah mengahasilkan tidur yang berkualitas pada malam harinya.  Enggak cuma itu, olahraga di pagi hari punya manfaat memberikan tekanan darah yang rendah.  Jadi jangan ogah olahraga mulai hari ini.

5. Males sarapan

Dengan alasan takut telat ngantor, biasanya menjadi salah satu faktor penyebab males sarapan.  

Padahal sarapan memiliki peran penting dalam hal memberikan tubuh kita energi dalam beraktifitas sehari-hari. Mengenai menu, coba saja sarapan dengan menu yang memiliki kandungan protein dan serat. 

Beberapa penelitian menunjukkan, mengabaikan asupan protein dari sarapan sehat dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Karena faktanya protein dibutuhkan untuk folikel rambut yang sehat. Buat Roaders yang males sarapan coba cek deh rambut kamu, hehe!

6. Kurang minum air putih

Salah satu habit enggak bagus lainnya yang meiliki dampak buruk bagi kesehatan kamu adalah jarang atau bahkan tidak pernah minum air putih saat bangun tidur. Padahal air sangatlah dibutuhkan untuk mengatasi rehidrasi tubuh.

Menurut beberapa ahli kesehatan, tidur selama delapan jam lamanya membuat tubuh kita tidak terhidrasi. Jadi sangatlah wajar jika saat bangun tidur manusia mengalami dehidrasi yang ditandai dengan perasaan lesu dan lelah. 

Mulai saat ini, coba deh biasakan segera meminum satu gelas air putih saat bangun dari tidur. Sekali lagi, manfaatnya adalah untuk menggantikan cairan yang hilang pada saat sedang tidur.

7. Kebanyakan ngopi

Ngopi, menjadi kebiasaan yang sangatlah umum dilakukan beberapa orang ketika bangun tidur. Bukanlah menjadi masalah selama yang diminum hanya sekedar satu cangkir kopi.

Menurut beberapa ahli kesehatan, minum kopi terlalu banyak dapat berdampak buruk pada kesehatan dikarenakan dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak hati.  Tidak hanya itu roads, ngopi berlebihan di pagi hari juga bisa menimbulkan efek emosional seperti pikiran yang lebih irasional dan mudah baperan lho.

Nah itu dia Roads, tujuh kebiasaan gak bagus yang bisa bikin kamu mager seharian, alhasil kamu jadi gak produktif.

Punya pengalaman seru soal bangun pagi? Roaders bolah bagikan pengalaman serunya di kolom komentar ya. 

So Roaders, mulai sekarang yuk kita kurangi bertahap habit nggak bagus di pagi hari, supaya hari-hari kita lebih berwarna dan bahagia.

Konten Terkait